Twitter Akhirnya Tersedia dalam Tulisan Arab

twitter256x256Jakarta - Kemarin, pada 6 Maret 2012, jejaring sosial Twitter meluncurkan empat bahasa baru: Arab, Farsi, Hebrew, dan Urdu. Berdasarkan blog resmi Twitter, penambahan empat bahasa itu sudah dimulai 25 Januari 2012.

Sejak diumumkan awal 2012, sekitar 13 ribu relawan seluruh dunia ikut menerjemahkan dan membuat Twitter lebih terasa lokal dalam empat bahasa baru itu. Efek dari bantuan relawan itu, jejaring ber-icon burung biru itu kini bisa ditulis dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.

Latar belakang 13 ribu relawan itu sangat beragam. Dari yang mendonasikan waktu dan kemampuan menerjemahkan ada blogger dari Saudi, mahasiswa Mesir, jurnalis BBC, pegawai profesional IT dari Iran dan Pakistan, guru sekolah dari Israel, pendiri komunitas akar rumput #LetstweetinArabic, dan sejumlah remaja Lebanon.

Beberapa dari relawan justru berasal dari kawasan yang melarang Twitter. Upaya mereka untuk membantu menunjukkan keinginan agar Twitter menjadi semakin mudah digunakan oleh komunitas mereka.

Twitter sekarang tersedia lebih dari 28 bahasa di dunia. Membuat kemampuan menulis dari kanan ke kiri adalah tantangan yang unik bagi Twitter.

"Tim rekayasa kami membuat alat khusus untuk memastikan tweet-tweet jenis ini, seperti tanda pagar dan nomor yang berlaku sudah sesuai ejaan," tulis mereka.

tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar